DNA/RNA Shield Fecal Collection Tube

Mengapa proses penyimpanan sampel sangatlah penting?

Kualitas sampel DNA/RNA akan menentukan kualitas hasil eksperimen lanjutan. Sampel yang tidak disimpan dengan baik dapat menyebabkan perubahan komposisi pada sampel, degradasi asam nukleat, sampai tumbuhnya organisme yang tidak diinginkan sehingga dapat menyebabkan bias pada hasil eksperimen yang dikerjakan. Untuk itu penyimpanan sampel seharusnya menjadi perhatian peneliti, terutama jika eksperimen lanjutan yang akan dilakukan berupa next generation sequencing, dimana kualitas sampel menjadi salah satu penentu bagus tidaknya hasil sekuensing dan bioinformatik.

Menjaga Komposisi Mikroba Dalam Sampel Feses

Keseimbangan mikroba dalam sampel feses penting untuk dijaga kestabilannya baik saat proses pengambilan, transportasi, hingga penyimpanan sampel. Hal tersebut untuk mencegah mati atau berkembangbiaknya mikroorganisme tidak diinginkan pada feses yang dapat menyebabkan profil mikroba dalam sampel berubah. Penyimpanan sampel menggunakan fecal collection tube dengan DNA/RNA shield sangat dianjurkan untuk menjaga kualitas sampel dan mencegah terjadinya bias penelitian karena perbedaan profil sampel saat diambil dan saat diteliti.

DNA/RNA Shield Fecal Collection Tube

Beberapa faktor yang mempengaruhi kestabilan sampel yaitu proses ­freeze-thaw yang dilakukan berulang kali, suhu penyimpanan sampel, dan juga durasi sampel disimpan sebelum dilakukan eksperimen. Penyimpanan sampel feses dalam buffer DNA/RNA shield menjaga integritas genetik dan profil ekspresi pada sampel bahkan jika disimpan di suhu ruang dalam waktu yang lama. Selain itu, DNA/RNA shield buffer juga dapat menonaktifkan mikroba – mikroba yang bersifat merusak atau infeksius seperti virus, bakteri, fungi, dan parasit lainnya sehingga kualitas sampel terjaga dan penyimpanan lebih tahan lama.

 

Keterangan figure: Perbandingan komposisi mikroba dari sampel feses yang disimpan di DNA/RNA shield dan yang tidak. Warna yang berbeda mewakilkan komposisi mikroba yang berbeda. Sampel disimpan pada suhu ruang.

Reference:

Prevent Nucleic Acid Degradation Before Extraction: The Secret To Maintaining Sample Integrity. (2018, June 7). Retrieved 1 9, 2020, from Zymo Research: https://www.zymoresearch.com/blogs/blog/prevent-nucleic-acid-degradation

Sample Preservation: The Origin of Bias. (2018, December 7). Retrieved January 9, 2020, from Zymo Research: https://www.zymoresearch.com/blogs/blog/the-origin-of-sample-preservation-bias